Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word

Adyajust.in - Daftar isi adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah karya tulis, buku, majalah, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca mencari halaman topik tertentu suatu bacaan tersebut.
Daftar isi merupakan bagian yang paling penting dalam penulisan sebuah makalah karena berfungsi juga untuk menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah dengan mencantumkan no halaman yang tertera di setiap lembaran makalah yang berisikan topik-topik penyusun makalah tersebut.
Jika jaman dahulu masyarakat indonesia masih mengandalkan mesin tik untuk menulis karya tulis mereka, namun dijaman modern seperti sekarang ini mesin tik sudah hampir langka karena sudah tersisihkan oleh adanya laptop dan komputer yang di dalamnya berisikan sebuah aplikasi pengetikan yang lebih canggih yaitu Microsoft Word.

Nah, pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang cara membuat daftar isi makalah menggunakan Microsoft Word.

Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word


Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka lembar kerja Ms Word anda pada komputer/laptop. Kemudian klik aktifkan fungsi ruller jika belum aktif dengan cara klik View >> centang Ruller seperti gambar di bawah ini :
Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word
2. Buatlah kata DAFTAR ISI kemudian blok dan ratakan ketengah selanjutnya ketik juga Kata Pengantar tapi ratakan kiri pada paragraf ke dua. Pada bagian ruler yang berwarna putih silakan diklik maka akan muncul tanda seperti huruf "L" setelah berhasil klik sekali lagi dibagian berebeda dan anda akan melihat 2 tanda seperti hurup "L" di Ruler. Anda bisa perhatikan gambar dibawah ini supaya lebih jelas.
Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word
3. Setelah itu klik 2x pada salah satu huruf "L" tersebut maka akan keluar box pengaturan tab seperti gambar di bawah ini :
Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word
Setelah box tersebut muncul lakukanlah langkah-langkah berikut ini untuk mendetting tabnya
Pada bagian Tab Stop Position dan Default Tab Stop abaikan saja tidak perlu diutak-atik, lanjutkan ke bagian alignment pilih Right, lalu di tab Leader pilih opsi no 2 setelah itu klik set lalu ok.

4. Sesudah anda melakukan hal tersebut maka tanda "L" nya akan berubah menjadi terbalik.
Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word
5. Langkah berikutnya tempatkan posisi pengetikan anda ke akhir kata pengantar kemudiaan tekan tab di keyboard. dan lihatlah hasilnya titik-titik akan otomatis muncul sampai tanda "L" yang terbalik tersebut. Untuk penempatan nomernya anda tinggal klik tab sekali lagi kemudian tulis angkanya
Cara Membuat Daftar Isi Makalah Di Word
Lanjutkan menulis isi dari daftar isi yang ingin dibuat sehingga daftar isi anda selesai. dan lihat hasilnya Rapi bukan...

Baiklah teman-teman sekian dulu ya bahasan tentang Cara membuat daftar isi makalah di word ini semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua. jangan lupa follow blog ini dan dapatkan terus update terbarunya. bye...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »