Pengertian Dan Contoh Rumusan Masalah Penelitian Komparatif

Pengertian Dan Contoh Rumusan Masalah Penelitian Komparatif - Hey Sobat semua setelah kemarin kita membahas tentang pengertian dan contoh rumusan masalah penelitian deskriptif kali ini kita lanjutkan lagi membahas tentang rumusan masalah komparatif. Tidak usah panjang lebar lagi mari kita simak penjelasannya di bawah ini.
Pengertian Dan Contoh Rumusan Masalah Penelitian Komparatif

Pengertian Rumusan Masalah Penelitian Komparatif

Berbeda halnya dengan rumusan masalah deskriptif yang bersifat menanyakan atau menjelaskan sebuah variabel mandiri, namun rumusan masalah komperatif mempunyai sifat membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda pula.


Contoh Rumusan Masalah Penelitian Komparatif

Nah berikut ini ada beberapa contoh yang bisa menjadi referensi sobat semua :
  • Apakah terdapat perbedaan antara kinerja pegawai negeri dengan pegawai swasta di RSUD Sanglah? (Perbandingan satu variabel dengan dua sampel)
  • Apakah ada perbedaan kepuasan dan ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kantor pajak pusat dengan kantor pajak daerah di kota Denpasar (Dua variabel dengan dua sampel)
  • Adakah perbedaan antara tingkat kerugian yang dialami pedagang ritel dan pedagang jasa pada saat inflasi? (Satu variabel dengan dua sampel.
  • Adakah perbedaan kemampuan dan disiplin kerja antara pegawai swasta nasional dan perusahaan asing? (dua variabel pada dua sampel)
  • Adakah perbedaan daya tahan berdiri pelayan toko yang berasal dari kota, desa dan gunung? (satu variabel pada tiga sampel)
  • Adakah perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antar murid yang berasal dari keluarga Guru, Pegawai Swasta, dan Pedagang? (dua variabel pada tiga sampel)
  • Adakah perbedaan kompetensi profesional guru dan kepala sekolah antara SD, SMP, dan SLTA ? (satu variabel untuk dua kelompok, pada tiga sampel)
Baiklah sobat semua segitu dulu ya pembahasan kita hari ini mengenai pengertian dan contoh rumusan masalah penelitian komparatif ini. Untuk pembahasan selanjutnya kita akan membahas  tentang rumusan masalah asosiatif. So ditunggu saja ya pembahasannya di postingan selanjutnya.. bye

Artikel Terkait

Previous
Next Post »