Cara Munguasai Tenses Bahasa Inggris Dengan Cepat

Cara Munguasai Tenses Bahasa Inggris Dengan Cepat - Tenses adalah perubahan kata kerja yang dipengaruhi oleh waktu dan sifat kejadiannya. Dalam masa-masa belajar di SMP/SMA tenses merupakan sebuah kata yang bisa membuat kita merinding jika mendengarnya. Bagaimana tidak karena rumus-rumus tenses lebih sulit di bandingkan dengan rumus matematika. Hal ini karena kita belum merasakan mudahnya belajar tenses sekaligus belum merasakan dasyatnya manfaat dari mempelajari tenses untuk percakapan dalam bahasa inggris.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tenses akan selalu ada pada setiap kalimat dalam bahasa inggris. Namus, tenses tersebut juga akan berubah sesuai dengan waktu dan juga sifat kejadiannya.Dalam bahasa inggris tenses dibagi menjadi 2 yaitu :

A. Berdasarkan Waktu kejadian, tenses ini dibagi menjadi 4 bagian utama yaitu:
  1. Present Tense : Tenses ini menunjukkan waktu saat ini/ sekarang.
  2. Past Tense : Tenses ini menyatakan waktu dulu/lampau
  3. Future Tense : Tenses Ini menunjukkan waktu yang akan datang
  4. Past future Tense : Tenses ini menunjukkan Waktu yang akan terjadi dimasa lampau
B. Berdasarkan waktu sifat dari kejadiannya , Tenses dibagi menjadi 4 bagian yaitu:
  1. Simple : Kegiatan yang tidak sedang dalam proses
  2. Continuous : Kegiatan yang masih atau sedang dalam proses
  3. Perfect : Kegiatan yang telah/sudah selesai
  4. Perfect Continuous : Kegiatan yang sudah dimulai dan berlangsung pada suatu saat tertentu
Dalam pembelajaran bahasa inggris tenses mutlak diperlukan dan menjadi kewajiban yang harus dikuasai yang nantinya akan menunjang dan mendukung anda dalam menguasai Bahasa Inggris. Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk hafal, mahir dan menguasai tenses secara tepat. untuk menjadikan anda mahir berbahasa inggris maka sobat harus melalui beberapa proses tahapan kerena memang tidak serta merta akan langsung mahir.

Tahapan Cara Munguasai Tenses Bahasa Inggris Dengan Cepat


Adapun tahapan tersebut antara lain :
  1. Menghafal dan memahami tentang verb atau kata kerja dalam bahasa inggris.
  2. Memahami waktu dari sebuah kejadian yang sudah saya sebutkan diatas.
  3. Pahamilah sifat dari kejadian
  4. Menghafal sambil mempraktikan gabungan antara waktu dan kejadian yang sudah dipelajari tadi.
Untuk bisa menguasai dan mempelajari sebuah bahasa terutama bahasa inggris anda juga harus memiliki 3 prinsip atau komitmen supaya anda bisa cepat mahir

Komitmen dalam Menguasai Tenses Dengan Cepat


  • Komitmen secara fisik
Komitmen secara fisik disini misalnya saja dengan menyisihkan waktu belajar paling tidak 20mnt setiap harinya. seperti pepatah mengatakan bahwa tada hari tanpa belajar.
  • Komitmen secara mental
Jika kita hanya memiliki komitmen secara fisik rasanya tidak cukup maka dari itu kita harus memiliki komitmen secara mental. Maksudnya kita harus mampu memproses informasi yang diperoleh dengan maksimal. Selain itu juga kita selalu mempunyai cara maupun solusi untuk tetap terus meningkatkan kualitas berbahasa.
  •  Komitmen secara emosional
Setelah dua komitmen di atas pastikan juga anda memiliki komitmen yang satu ini, karena dengan hal ini kita dapat bertahan dalam mempelajari bahasa inggris. Satu hal lagi yang selalu anda harus ingat dan jadikan pedoman dalam belajar yaitu "Never Stop Learning".

Semua pemaparan diatas anda bisa aplikasikan dalam proses belajar tenses dalam bahasa inggris. dengan cara membuat sebuah tabel yang berisi lengkap 16 tenses dalam bahasa inggris. contoh tabelnya bisa anda lihat di bawah ini.
Biasanya kita lupa apa aja tenses-tenses bahasa inggris, nah dari tabel diatas mungkin anda tidak akan lupa lagi tentang nama nama tenses bahasa inggris tersebut. Demikianlah sidikit bahasan saya tentang Cara Munguasai Tenses Bahasa Inggris Dengan Cepat. semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Happy Learning and thank you.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »