Kerangka Skripsi Yang Baik Dan Benar

Kerangka Skripsi Yang Baik Dan Benar - Skripsi adalah istilah yang digunakan di indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya ilmiah berupa pemaparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu ilmu atau fenomena tertentu dengan menggunakan kaedah yang benar.

Tujuan dari penulisan skripsi agar mahasiswa mampu menulis dan menyusun suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. jika seorang mahasiswa sudah mampu menulis skipsi maka mahasiswa itu sudah dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisa, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Kerangka Skripsi Yang Baik Dan Benar
Sebelum menyusun sebuah skripsi ada baiknya anda mengetahui kerangka skripsi yang baik dan benar. Oleh karena itu saya akan memberikan contohnya di bawah ini

Contoh Kerangka Skripsi Yang Baik Dan Benar


A. Bagian Awal Skripsi

Pada bagian ini merupan halaman terdepan dari skripsi yang berisikan :

1.Sampul/Cover
Halaman ini berisikan:
  • Judul
  • Tujuan Penulisan
  • Nama Mahasiswa
  • Nomor Induk Mahasiswa
  • Logo Universitas
  • Nama Fakultas
  • Tahun Selesainya Pembuatan Skripsi

2. Halaman Judul
Halaman ini adalah halaman yang sama seperti Cover/sampul tapi bedanya logo Universitas tidak usah di isikan.

3. Halaman Persetujuan
Pada halaman ini berisikan tanggal dan tanda tangan Dosen Pembimbing dan Ketua Bagian, sebagai tanda bahwa skripsi tersebut telah disetujui untuk diuji oleh tim penguji yang sudah ditunjuk oleh Dekan.

4. Halaman Pengesahan
Halaman ini harus tercantum pada skripsi yang sudah dijilid dalam bentuk hard cover dan berisi identitas mahasiswa (Nama, NIM, PK), Judul Skripsi, tanggal/hari sidang skripsi, tanda tangan ketua dan anggota tim penguji sebagai tanda skripsi anda sudah lulus diuji dan tidak memerlukan revisi lagi, serta tanda tangan Dekan. Halaman ini dicantumkan pada skripsi yang sudah diuji oleh Tim Penguji.

5. Halaman Persembahan Dan Moto
Moto berisikan kata-kata bijak atau kutipan kitab suci yang sifatnya renungan, yang dapat membangkitkan semangat atau ungkapan penulis dan posisinya ditulis di sudut kiri atas. Sedangkan Persembahan adalah tulisan penulis yang ditujukan kepada orang-orang yang dicintai serta orang yang telah setia membantu proses penelitian yang dilakukan

6. Halaman Kata Pengantar
Berisikan ungkapan rasa syukur penulis, tujuan penulisan dan ucapan terimakasih yang ditujukan kepada orang-orang yang sudah membantu dalam proses penyusunan skirpsi tersebut dengan menggunakan kata-kata yang benar sesuai kaedah bahasa Indonesia dan maksimal terdiri dari 2 halaman.

7. Halaman Daftar Isi
Berisikan sistematika skripsi dan penunjukan halaman. Daftar isi bertujuan untuk memberikan gambaran keseluruhan isi skripsi. Penulisan Bab dan Sub Bab diatur sehingga judul dimulai dari titik urut yang sama. Sebelah kanan atas ditulis "Halaman". Angka penunjuk halaman harus vertikal lurus sejajar dengan huruf "n" dari kata Halaman.

8. Halaman Abstrak
Bagian ini merupakan sari dari skripsi yang kita buat dan menampilkan sebanyak mungkin data kualitatif dan kuantatif sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca dokumen aslinya, kecuali ingin mendalaminya.
Isi Halaman Abstrak meliputi, latar belakang, permasalahan, metode penelitian, pembahasan dan kesimpulan.


B. Bagian Isi Skripsi
Bagian ini merupakan bagian utama sebuah skripsi yang meliputi:

1. Bab Pendahuluan
Pada bab ini penulis memberikan uraian mengenai latar belakang masalah, permasalahan, tujuan penulisan, metode penelitian, kerangka konsep dan sistematika penulisan.

2. Bab Kajian Pustaka
Bab ini merupakan uraian hasil kajian pustaka (penelusuran literatur) yang telah dilakukan, sumber hukum yang terulis maupun tidak yang relevan dengan permasalahan penelitian dan disajikan dengan selengkap-lengkapnya.

3. Bab Hasil Kajian Empiris
Bab Hasil Kajian Empiris( jika Ada). Jika Bab Hasil Kajian Pustaka merupakan uraian hasil penelitian kepustakaan, maka bab ini nerisikan uraian dari data yang diperoleh dari penelitian di lapangan. Untuk berisi hasil survey (wawancara, pengamatan, kuesioner ) dapat dikemukakan dalam bab ini. Namun dokumen hukum (seperti perjanjian, peraturan, perjanjian company profil, dan monograf) suatu institusi bukan merupakan hasil kajian empiris, meskipun data tersebut diperoleh dengan mendatangi secaa langsung institusi tersebt. Karena kegiatan tersebut masih merupakan kegiatan pengumpulan dokumen/ hasil kajian pusraka.

4. Bab Pengolahan Dan Alalisis Data
Pada bab ini data-data yang telah dikumpulkan dan disajikan dalam bab asil kajian pustaka maupun bab hasil kajian empiris kemudian diolah dan dianalisis. Pengolahan data dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu metode kualitatif dan metode kuantitif.
Metode kualitatif adalah metode analisis data dengan lebih menekankan pada kualitas/isi dari data tersebut. Sedangkan Metode Kuantitif adalah metode analisis data yang mengutamakan kuantitas dari data tersebut.

5. Bab Penutup/Kesimpulan Dan Saran
Bab ini berisikan uraian mengenai kesimpulan hasil penelitian dan saran-saran yang diajukan. Kesimpulan dapat diperoleh melalui 2 metode penalaran yaitu penalaran deduktif dan penalaran induktif. Kesimpulan ini juga merupakan jawaban dari permasalahan yang diajukan pada bab pendahuluan dan merupakan hasil analisis dari bab-bab sebelumnya dan harus relevan dengan judul dari permasalahan.
Saran-saran yang diajukan sebagai akibat atau konsekuensi dari kesimpulan yang diambil berdasarkan pemikiran yang sehat, jelas dan tegas ditujukan kepada siapa.

C. Bagian Akhir Skripsi
Pada bagian ini hal-hal yang perlu dimasukkan pada bagian akhir skripsi adalah:

  1. Daftar Pustaka
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Lampiran-lampiran (jika Ada) dan lampiran yang dimasukkan adalah lamitan yang relevan dengan masalah yang diteliti yang tidak mudah didapatkan oleh setiap orang seperti peraturan perundang-undangan, dokumen hukum suatu instansi, keputusan pejabat administratif, dsb.
  4. Surat Keterangan adalah Sebuah surat yang menerangkan bahwa anda telah melakukan penelitian dari instansi terkait yang berkaitan dengan materi yang diperlukan untuk penulisan skripsi.
  5. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi adalah surat yang dibuat dan ditanda tangani oleh penulis diatas materai Rp. 6000,- yang menerangkan bahwa skripsi tersebut di buat sendiri oleh penulis dan bukan merupakan hasil jiplakan karya tulis orang lain secara keseluruhan.
  6. Surat Pernyataan Persetujuan Publikkasi Karya ilmiah adalah surat yang dibuat oleh penulis untuk memberikan kepada Universitas hak bebas Royalti Non Eksklusid atas karya penulis dan ditandatangani diatas materai oleh penulis.
Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Kerangka Skripsi Yang Baik Dan Benar. Mungkin artikel ini jauh dari kata sempurna dan Semoga bisa menjadi referensi teman semua yang mengalami kesulitan tentang menulis skripsi. Terimakasih...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »