Membuat Kata Pengantar Makalah yang Baik

Membuat Kata pengantar Makalah Yang Baik. Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu Kata Pengantar ? Pengertian Kata Pengantar Menurut Kamus Bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini:

Kata Pengantar adalah Pandangan Umum yang ditulis secara singkat yang berfungsi sebagai sebuah pendahuluan dari sebuah tulisan.

Kata Pengantar memang tidak bisa lepas dari sebuah karya tulis baik itu karya tulis ilmiah maupun non ilmiah.

Kata Pengantar Makalah hendaknya memberikan gambaran singkat dari sebuah makalah atau karya tulis tersebut baik itu Tema Makalah, Tujuan Makalah dan yang lainnya. Untuk memudahkan tentang pemahaman tentang kata pengantar makalah ini di bawah ini ada beberapa hal yang harus terdapat pada kata pengantar dalam membuat sebuah makalah.

  • Ucapan Puji Syukur Kepada Tuhan YME
  • Penjelasan tentang adanya tugas penulisan karya ilmiah ( untuk yang ini relatif karena ada juga karya tulis yang dibuat bukan karena adanya tugas contohnya buku-buku yang dibuat murni untuk komersil )
  • Di dalam Kata Pengantar dijelaskan tentang adanya bantuan dan bimbingan dari seseorang ataupun organisasi.
  • Berisi Penjelasan tentang tujuan dari penulisan makalah/karya tulis tersebut.
  • Berisi Ucapan terima kasih kepada seseorang atau pihak-pihak yang sudah membantu dalam menyelesaikan makalah tersebut
  • Penyebutan nama Kota, tanggal, bulan, dan tahun serta penulis tanpa tanda tangan
  • Harapan penulis atas makalah tersebut
  • Menjelaskan bahwa penulis bersedia menerima masukan dalam bentuk kritik dan saran dari makalah yang dibuatnya.
Penjelasan diatas merupakan beberapa poin yang terdapat dalam sebuah Kata Pengantar makalah. Namun jika dalam penulisan sebuah makalah atau karya tulis lainnya ada beberapa poin yang menurut anda tidak perlu di cantumkan maka jangan dicantumkan karena jika itu dipaksakan hal itu akan mengurangi nilai dalam makalah/karya tulis tersebut dan itu artinya anda tidak jujur terhadap karya tulis anda sendiri.

Sebagai contoh point no-2 di atas Jika memang dalam pembuatan makalah atau karya tulis tidak berdasarkan tugas maka tidak perlu ditulis pada bagian kata pengantar.

Nah Setelah memahami beberapa point kata pengantar makalah di atas berikutnya di bawah ini saya sertakan contohnya supaya anda tidak bingung.
Membuat Kata Pengantar Makalah yang Baik
Add captionMembuat Kata Pengantar Makalah yang Baik
Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNYA penyusunan makalah guna memenuhi tugas sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia ini selesai kami susun sesuai dengan apa yang diharapkan, dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas semua pihak yang ikut membantu kami dalam penyusunan makalah tentang Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan dan generasi muda di Indonesia ini.

Penyusunan makalah ini tidak lain bertujuan untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba dikalangan pelajar, mahasiswa dan generasi muda saat ini dan semoga penulisan makalah ini bisa membantu program pemerintah untuk mengurangi pengguna/pengedar narkoba di negeri ini.

Tidak lupa juga kami mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan dalam hal penyusunan dan isi makalah maupun kosa kata yang tidak memenuhi standar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kami sebagai penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan untuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi kebaikan kami kedepannya.

Terima kasih


Penulis


Adi Putra

Itulah sedikit tips yang saya bagikan tentang cara Membuat kata pengantar makalah yang baik beserta contoh yang jauh dari kata sempurna. Terimakasih karena sudah bersedia membaca artikel saya ini dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »