Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar. Artikel ini saya buat sebagai referensi bagi anda yang sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat Lamaran kerja di artikel ini sudah saya buat sesuai dengan format dan struktur penulisan lamaran kerja. Sebelum lanjut ke contoh surat lamaran kerja ada baiknya kita mengetahui dulu kriteria dan struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat Lamaran kerja yang kita kirim adalah proses awal yang menentukan dan terbukanya peluang apakah anda layak atau tidak menjadi karyawan dari perusahaan tertentu, sehingga sebelum membuat surat lamaran kerja ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu struktur atau format dari surat lamaran kerja tersebut.

Di bawah ini saya akan memberikan struktur umum dari surat lamaran pekerjaan
  1. Tempat dan Tanggal Penulisn
  2. Perusahaan yang Dituju
  3. Salam Hormat
  4. Kata Pengantar
  5. Biodata Diri
  6. Pengalaman Kerja Dan Skill
  7. Harapan
  8. Penutup
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Tips menulis surat lamaran 

  1. Menggunakan Bahasa yang baik dan benar
  2. Format penulisan haruslah tersusun rapi dan tidak Bertele-tele
  3. Surat lamaran kerja hendaknya ditulis dengan manual dan memang benar-benar anda yang membuatnya
  4. Lengkapilah dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja
  5. Lampirkan Surat Pendukung Lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja.
Nah supaya anda lebih memahami lagi tentang cara membuat surat lamaran kerja yang benar di bawah ini saya akan berikan contohnya :

Contoh surat Lamaran kerja


Denpasar, 21 januari 2016
Kepada Yth:
Pimpinan PT SEDENG
Jl. Gunung Agung No. 83A Denpasar-Bali

Perihal : Lamaran Kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media cetak, koran Bali Post perihal lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/ibu pimpin guna mengisi posisi yang di butuhkan. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : I Gede Adi Putra
Tempat/Tanggal Lahir : Singaraj, 8 oktober 1990
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : SMA
Alamat                        : Jln Raya Padonan No. 83
Telepon                       : 085739666444

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu Pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1. Pas Photo 3x4 2 Lembar
2. Foto Copy KTP 1 lembar
3. Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar
4. Foto Copy ijazah Terakhir 1 lembar
5. Foto Copy Sertifikat kompetensi 1 lembar
6. Foto Copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya dan besar harapan saya bisa diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpin saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya


I Gede Adi Putra



Itulah sedikit tips tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. semoga artikel saya ini bisa memberikan anda referensi untuk membuat surat lamaran kerja. Jangan lupa terus berdoa setelah surat lamaran kerja itu anda kirimkan sehingga anda bisa diterima.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »