Mengenal Struktur Makalah yang Benar

Mengenal Struktur Makalah Yang Benar. Makalah merupakan sebuah karya akademis yang diterbitkan di dalam jurnal dimana membahas pokok permasalahan tertentu.
Ketika seseorang mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi dihadapkan dengan pembuatan makalah mereka terkadang mengalami kesulitan karena ketika akan menyusun sebuah makalah yang baik dan benar mereka harus membuatnya berdasarkan apa yang terjadi dilapangan secara langsung selain itu harus diteliti baik dari penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Makalah juga bisa diartikan sebagai bentuk terkecil dari penulisan karya ilmiah, nah disinipun kita harus mengetahui dan mengenal beberapa komponen penting/struktur makalah yang wajib kita ketahui sebelum kita menulis sebuah makalah yang baik dan benar.

Struktur makalah memiliki 8 poin penting di dalamnya
  1. Cover
  2. Judul Makalah
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Bab I Pendahuluan
  6. Bab II Isi
  7. Bab III Penutup
  8. Daftar Pustaka
Setelah Anda mengetahui poin-poin penting diatas anda juga harus mengetahui konten-konten yang ada di setiap poin diatas. Berikut penjelasannya
Mengenal Struktur Makalah yang Benar
Mengenal Struktur Makalah yang Benar

1. Cover

Didalam sebuah makalah cover merupakan poin pertama yang wajib anda buat dimana di dalam Cover ini berisi
  • Nama/Judul Makalah
  • Tujuan Dibuatnya makalah
  • Logo Lembaga/Institusi
  • Penulis Makalah
  • Nama Lembaga
  • Tahun Akademik


2. Judul Makalah

Pada Laman ini berisikan judul makalah yang dibuat disertai nama penulis saja.

3. Kata Pengantar

Kata Pengantar Merupakan prakata dari penulis untuk menyampaikan kaya tulisnya ke hadapan pembaca yang berisikan :
  • Salam Pembuka
  • Sekilas Pembuatan Makalah tersebut
  • Ucapan Terima Kasih Kepada pihak-pihak Yang Sudah membantu Dalam Penyelesaian Makalah Tersebut
  • Salam Penutup
  • Nama Penulis Makalah

4. Daftar Isi

Komponen yang satu ini benar-benar sangat penting dalam pembuatan makalah karena dengan adanya Daftar isi seseorang pembaca akan sangat mudah dalam mencari materi yang ada dalam makalah tersebut termasuk informasi halamannya.

5. Bab I - Pendahuluan

Pada poin ini kita sebagai penulis sudah mulai memasuki bab-bab Masalah. Dimana disetiap bab ini kita harus menerangkan konsep, rencara, ide/gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang terdapat pada LATAR BELAKANG pembuatan makalah ini.
Setelah itu ada RUMUSAN MASALAH yang menjelahkan tentang masalah-masalah apa saja yang kita temukan pada materi makalah yang kita buat.

6. Bab II - Isi

Di dalam poin yang ke-6 ini mulailah kita menguraikan semua isi atau materi dari makalah yang kita buat dan dimulai dari
  1. Pengertian/Definisi Tema yang kita Buat
  2. Ulasan Materi
  3. Adanya alur Perbandingan ( jika dibutuhkan)
  4. \Penyelesaian masalah, berikut solusi dan kontribusi kita terhadap permasalahan yang terdapat dalam materi makalah yang kita angkat tersebut

7. Bab III - Penutup

Dalam poin ini berisi salam penutup dan biasanya mengucapkan sekali lagi terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu untuk menyelesaikan makalah ini.
Di poin ini juga biasanya penulis membuka kesempatan untuk para pembaca untuk memberikan kritik dan saran terhadap makalah yang kita buat. Hal ini bertujuan agar dalam pembuatan makalah selanjutnya bisa lebih baik lagi.
informasi atau masukan ini ditempatkan pada lembar KRITIK DAN SARAN.

8. Daftar Pustaka

Ini adalah lembaran terakhir sebelum cover belakang yang berisikan mengenai informasi mengenai nama-nama literature yang kita jadikan referensi sumber dalam pembuatan makalah ini.
literature ini bisa meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview dengan sumbernya secara langsung dan bisa juga dari internet.

Akan lebih baik jika kita mencari referensi suatu makalah tidak menggunakan internet karena untuk keabsahannya masih dipertimbangkan sesuai dengan kebijakan kampus/sekolah masing-masing. jika anda tidak menggunakan internet dalam mencari sumber makalah anda maka makalah anda akan terlihat benar-benar ilmiah.

Semoga dengan adanya tulisan tentang Mengenal Struktur Makalah Yang benar ini bisa membantu anda semua dalam membuat sebuah makalah yang baik dan benar.

Artikel Terkait

First